5 Tips Mudah untuk Mengembangkan Jaringan Bisnis Anda

5 Tips Mudah untuk Mengembangkan Business Networking Anda

5 Tips Business Networking yang akan Berhasil
5 Tips Business Networking yang akan Berhasil

Baik Anda baru memulai karir atau sudah mapan, berjejaring bisa menjadi tantangan. Lihat tips kami untuk mengembangkan jaringan Anda secara alami dan mudah.

Jaringan bisa menjadi hal yang menakutkan dan terkadang terasa sedikit dipaksakan. Namun, berhubungan dengan orang-orang adalah cara yang bagus untuk membangun jaringan bisnis Anda dan itu bisa sangat berharga untuk karier Anda.

Sering dikatakan dalam bisnis, bukan apa yang Anda ketahui tetapi siapa yang Anda kenal. Inilah sebabnya mengapa mempelajari cara berjejaring sangat penting, sehingga Anda dapat menjalin kontak baru dalam profesi Anda dan mengembangkan hubungan jangka panjang.

Jadi, kami telah mengumpulkan artikel ini tentang praktik terbaik jaringan yang efektif. Jika Anda ingin menerima beberapa kiat dan trik jaringan yang akan membantu meningkatkan bisnis dan pertumbuhan pribadi Anda, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat.

Baik itu bertemu orang secara langsung atau online, lima kiat jaringan profesional yang tercakup dalam artikel ini akan memastikan Anda memiliki apa yang diperlukan untuk membangun jaringan dengan sukses-mulai hari ini!

5 Tips Business Networking yang akan Berhasil

5 Tips Mudah untuk Mengembangkan Jaringan Bisnis Anda
5 Tips Mudah untuk Mengembangkan Jaringan Bisnis Anda

Jaringan bisnis adalah tentang berbagi informasi dan pengetahuan dengan para profesional yang berpikiran sama. Ini adalah proses yang berkelanjutan, yang membutuhkan kesabaran, ketekunan, organisasi, dan tata krama yang baik.

Jika Anda dapat menunjukkan nilai bisnis Anda, dan nilai Anda sendiri, kepada calon klien dan pemberi kerja, kemungkinan besar Anda akan senang dengan hasil positifnya. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita lihat lima tip utama kami tentang cara berjejaring secara efektif.

1. Selalu Bersiaplah

Yang pertama dalam daftar tip jaringan kami adalah persiapan. Sebelum Anda menghadiri acara berikutnya, baik secara langsung atau online, pastikan Anda memikirkan siapa yang ingin Anda temui dan alasan untuk melakukannya.

Jika Anda memiliki gagasan yang jelas tentang siapa yang ingin Anda ajak bicara dan manfaat interaksi itu bagi bisnis Anda, maka Anda dapat merencanakan waktu jaringan bisnis Anda secara efektif dan mempersiapkan diskusi tersebut.

Meskipun Anda tidak boleh melatih semua yang ingin Anda ucapkan kata demi kata, persiapan akan memastikan Anda tidak bingung dan memiliki tujuan yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai.

Jaringan adalah tentang bagaimana Anda menampilkan diri, kesan pertama, dan penyampaian yang baik. Jika Anda tahu persis siapa yang hadir dan beberapa informasi latar belakang tentang perusahaan yang mereka wakili, maka Anda akan dapat menyesuaikan pendekatan Anda dan menonjol dari keramaian.

Dengan cara ini, Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk berbicara dengan calon klien, pemberi kerja, dan karyawan yang ingin Anda hubungi.

Menetapkan beberapa tujuan sebelum acara dan menyiapkan beberapa pembuka percakapan yang baik selalu dapat membantu Anda merasa lebih nyaman. Berikut adalah beberapa untuk Anda mulai:

  • Apa yang Anda lakukan untuk bekerja?
  • Apa yang paling Anda sukai/paling tidak dari pekerjaan Anda?
  • Apa latar belakang dan pengalaman kerja Anda?
  • Apa yang membawa Anda ke acara ini dan apa yang paling membuat Anda bersemangat?
  • Apakah ada orang yang ingin Anda temui secara khusus?
  • Dalam hal pertanyaan, tema yang baik untuk ditargetkan meliputi karir, pendidikan, industri, tanggung jawab pekerjaan, budaya perusahaan, dan pertanyaan khusus acara.

2. Gunakan media sosial

Media sosial dengan cepat menjadi komponen penting dari jaringan yang efektif. Platform seperti LinkedIn dan Twitter sangat bagus untuk orang-orang yang tidak menyukai tekanan jaringan tatap muka, atau yang ingin menjangkau seseorang terlebih dahulu sebelum mereka mengenal mereka secara langsung.

Dengan menggunakan media sosial untuk jaringan bisnis, Anda dapat dengan mudah mencari profesional yang berpikiran sama dan memulai percakapan dengan mereka. Anda dapat melakukannya dengan mengirimi mereka pesan langsung atau hanya membalas kiriman mereka dengan komentar.

Ada kemungkinan besar koneksi baru Anda mungkin hanya tetap sebagai interaksi online, tetapi jika Anda bertemu langsung di beberapa titik di masa mendatang, maka percakapan awal ini adalah cara yang baik untuk mencairkan suasana dan memastikan basa-basi jaringan awal yang canggung. sudah diurus.

Media sosial juga merupakan cara yang bagus untuk tetap berhubungan dengan kontak yang ada dan memastikan hubungan kerja tidak gagal. Anda bahkan mungkin menemukan bahwa melalui kontak yang ada, Anda dapat menjalin hubungan baru dengan orang yang serupa.

Meskipun ada beberapa platform media sosial yang Anda inginkan, kami sarankan untuk menggunakan LinkedIn dan Twitter dalam hal jaringan bisnis.

3. Jadilah pendengar yang baik dan biarkan orang berbicara

Saat mempelajari cara berjejaring, kiat berjejaring profesional tidak lebih penting dari ini.

Ini mungkin tampak jelas, tetapi sungguh menakjubkan betapa banyak orang yang tidak mendengarkan dan hanya peduli untuk membicarakan diri mereka sendiri. Apa pun posisi pekerjaan, latar belakang, atau pengalaman Anda, tip ini berlaku untuk semua orang.

Menjadi pembicara yang baik berarti menjadi pendengar yang baik, jadi pastikan Anda mendengarkan apa yang dikatakan seseorang dan tetap terlibat serta tertarik.

Jika tidak, kemungkinan besar orang yang Anda ajak bicara akan kehilangan konsentrasi dan melanjutkan hidup. Anda mungkin hanya mendapatkan satu kesempatan untuk berbicara dengan mereka, jadi pastikan mereka merasa dihargai dan dihormati.

Mengajukan beberapa pertanyaan terkait pekerjaan (tidak terlalu pribadi) selalu merupakan cara yang baik untuk menciptakan percakapan yang lebih menarik yang kemungkinan akan membuat Anda berdua tetap terlibat. Anda bisa mencoba:

  • Darimana asalmu?
  • Apa inspirasi dan gairah hidup Anda?
  • Apa yang Anda sukai di luar pekerjaan?
  • Apakah Anda memiliki tujuan besar untuk beberapa tahun ke depan?
  • Sayangnya, saat Anda berjejaring, Anda sering kali begitu fokus untuk membagikan cerita Anda sendiri sehingga Anda lupa mendengarkan apa yang sebenarnya dikatakan seseorang. Itulah mengapa pertanyaan seperti ini sangat membantu, karena menunjukkan bahwa Anda memperhatikan dan membentuk dasar untuk membangun hubungan kerja yang kuat.

Terakhir, mendengarkan tidak hanya bermanfaat bagi lawan bicara Anda, tetapi juga berarti Anda akan dapat menentukan apakah mereka merupakan koneksi yang berharga dan mengajukan pertanyaan dengan informasi yang lebih baik.

4. Tawarkan untuk membantu dan berbagi saran

Jaringan yang efektif bukan hanya tentang apa yang dapat Anda peroleh dari orang lain, tetapi juga tentang apa yang dapat Anda tawarkan kepada mereka. Pada gilirannya, dengan membantu dan berbagi saran, Anda kemungkinan besar akan menerima sesuatu yang berharga dari koneksi baru Anda di masa mendatang dan mereka akan menjunjung tinggi Anda.

Informasi yang dapat Anda bagikan dapat mencakup sesuatu tentang industri tempat Anda bekerja, detail kontak yang mungkin bermanfaat bagi mereka, atau bahkan peluang kerja yang memungkinkan. Berbagi informasi yang berguna bukan hanya cara yang baik untuk mengembangkan koneksi, tetapi juga merupakan alat penting untuk memeliharanya.

Anda juga tidak perlu takut untuk meminta nasihat sendiri. Jaringan adalah tentang memberi dan menerima, jadi jika Anda yakin bahwa seseorang berada dalam posisi untuk menawarkan nasihat yang tak ternilai, atau bahkan meningkatkan karier atau bisnis Anda dengan cara tertentu, pastikan Anda menjangkau dan memanfaatkan peluang tersebut.

Orang sering kali suka dimintai bantuan, karena ini menunjukkan bahwa Anda telah mendengarkan apa yang mereka katakan dan menghargai pendapat mereka.

5. Ucapkan terima kasih dan tindak lanjuti

Saran terakhir dalam daftar tip jaringan kami bisa dibilang yang paling penting-bersikaplah sopan dan tindak lanjuti! Jaringan bisnis adalah tentang menciptakan hubungan kerja yang tulus yang dapat menguntungkan kedua belah pihak dalam jangka panjang.

Berterima kasih kepada koneksi Anda karena meluangkan waktu untuk berbicara dengan Anda dan mengakui bahwa senang bertemu dengan mereka sangat membantu.

Menyelesaikan dengan nada positif dan membuat kesan akhir yang baik berarti mereka lebih cenderung merespons jika Anda menjangkau mereka di masa mendatang. Mereka bahkan mungkin merekomendasikan Anda ke salah satu kontak mereka yang lain.

Kiat jaringan profesional tidak menjadi lebih besar dari tindak lanjutnya. Kami menyarankan untuk berbicara dengan mereka lagi dalam waktu 48 jam untuk memastikan Anda tetap segar dalam pikiran mereka, meskipun itu hanya dengan email yang sopan untuk mengucapkan terima kasih atau permintaan untuk terhubung dengan mereka di LinkedIn.

Anda tidak perlu langsung meminta bantuan apa pun, ini lebih merupakan kasus menjaga percakapan tetap berjalan dan menunjukkan bahwa Anda ingin tetap berhubungan. Ke depan, selalu bermanfaat untuk berhubungan kembali dengan seseorang setidaknya dua atau tiga kali setahun.

Di bawah ini, kami telah mencantumkan beberapa hal penting untuk disertakan dalam email tindak lanjut yang efektif:

  • Baris subjek yang menarik dan menarik
  • Ucapkan terima kasih atas waktu mereka
  • Tambahkan sentuhan pribadi yang diperoleh dari percakapan Anda dengan mereka
  • Sertakan detail atau informasi lebih lanjut tentang sesuatu yang Anda diskusikan
  • Akhiri email Anda dengan mengatakan bahwa Anda berharap dapat bertemu atau berbicara dengan mereka lagi di masa mendatang.

Kesimpulan

Jadi, begitulah, lima kiat jaringan kami yang akan membantu mengembangkan jaringan bisnis Anda dan menciptakan koneksi yang tahan lama. Meskipun saran di atas tidak mudah, saran ini pasti akan membantu Anda membangun jaringan dan menciptakan kumpulan profesional yang dapat menambah nilai nyata bagi kehidupan kerja Anda.

Namun, saran dan tip kami tentang cara membuat jaringan tidak berakhir di situ. Di PrimerBusiness, kami menawarkan banyak kursus tentang jaringan bisnis yang dapat membantu Anda terhubung dengan rekan-rekan Anda dengan percaya diri dan efektif.

Dari mereka yang memulai bisnis baru yang ingin mengembangkan jaringan mereka hingga organisasi yang sudah mapan yang ingin mempertahankan koneksi mereka.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *